Jan 2, 2010

Contoh Uang Kuno Seri Muntbiljet

Muntbiljet 1 Gulden


...........................................................................................................................

Muntibiljet 2,5 Gulden

 



Muntbiljet "Nederland Indie" yang beredar di Indonesia memiliki banyak versi dan edisi namun yang umum ditemukan hanya pecahan 1 dan 2,5 gulden, seperti tampak pada contoh gambar di atas.

Apa itu Muntbiljet ?

Muntbiljet terjemahan bebasnya adalah  uang yang dikeluarkan oleh pihak pemerintah yang dalam hal ini tentu saja oleh pemerintah  Belanda. Pada  uang modern, sistem ini sudah tidak digunakan lagi.

Hampir semua uang yang ada sekarang diproduksi atau dikontrol oleh pihak bank sentral  sehingga dikenal dengan nama BANKNOTES yang artinya uang bank atau catatan bank.

Karena Bank Indonesia   belum terbentuk pada saat Indonesia merdeka maka beberapa uang rupiah produksi awal juga bisa dikatagorikan sebagai Muntbiljet. Uang seri Pemandangan, Sandang pangan dan Suku bangsa adalah beberapa diantaranya. Pada uang seri tersebut tercantum kata REPUBLIK INDONESIA sebagai ganti dari tulisan BANK INDONESIA.



PERKIRAAN HARGA  :

Muntbiljet (versi Belanda) seperti yang tampak pada gambar diatas berharga tidak terlalu mahal, kira kira sekitar Rp 100.000 an untuk kondisi biasa, atau 2 -3 kali lipat untuk kondisi UNC. Dari segi kondisi barang, umumnya muntbiljet pecahan kecil (1 gulden) umumnya relatif sulit untuk menemukannya dalam kondisi UNC.

Disamping muntbiljet seperti pada gambar di atas, masih ada  beberapa muntbiljet edisi atau jenis lain namun jenis ini relatif langka dan jarang ditemukan, yang sekaligus juga berarti berharga sangat mahal. Jadi untuk katagori pemula 2 jenis di ataslah yang sepertinya akan banyak dijumpai.

.