Jan 2, 2010

Contoh Uang Daerah, ORI dan PRRI

Ketiga kelompok uang ini sangat mudah untuk diidentifikasikan yang salah satunya adalah dari bahan atau kertas yang digunakan serta design gambarnya yang sangat sederhana. Maklum saja karena pada masa itu kondisi negara kita masih serba memperihatinkan. Namun dari sederhanaan inilah justru merupakan kelebihan dari uang seri ini. Selain unik juga banyak diantaranya yang termasuk katagori langka dan sulit dicari terlebih dalam kondisi UNC.

Namun sayangnya, karena kesederhanaan bahan dan design ini pulalah yang membuat uang kelompok ini rentan untuk dipalsukan. Terkadang sangat sulit membedakan antara versi asli dengan versi palsunya terlebih lagi untuk kolektor pemula.

Berikut adalah contoh uang beserta uraian (sangat) singkatnya, sekedar untuk diketahui saja.  Untuk penjelasan dan juga daftar harga yang lebih lengkap, sepertinya Anda harus membacanya pada buku katalog KUKI (Katalog Uang Kertas Indonseia)




Uang ORI
(Oeang Repoeblik Indonesia)

 Sumber image : wikipedia

Salah satu ciri dari uang ini adalah memiliki gambar Sukarno pada bagian depannnya dan hanya sebagian kecil yang menampilkan tokoh lain seperti Hatta misalnya. Uang seri ini memiliki sangat banyak varisasi diataranya adalah :

  • 1945 (seri ORI I)
  • 1947 (seri ORI II)
  • 1947 (seri ORI III)
  • 1948 (seri ORI IV)
  • 1949 (seri ORI Baru)
Dari semua kelompok ORI di atas sepertinya hanya ORI baru yang paling mudah untuk diidentifikasikan, yaitu terdapat kata Rupiah Baru pada setiap sisinya.



Uang PRRI
(Pemerintahan Revolusioner Repoeblik Indonesia)

Contoh uang PRRI



Uang Daerah


Adalah uang yang dikeluarkan oleh beberapa propinsi/daerah seperti uang daerah Banten, propinsi Sumatra, keresidenan Lampung dll 



Perkiraan harga :
Memiliki rentang harga yang sangat lebar dari yang termurah, hanya  puluhan ribu sampai jutaan rupiah uantuk yang katagori langka. 



Sumber image : yahoo auction